Meski dikenal sebagai kota yang memiliki kemacetan paling parah jika dibandingkan dengan kota lainnya di Indonesia, namun kota Jakarta ini masih menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi pada saat musim liburan maupun weekend tiba. Salah satu contohnya, berdiri banyak patung bersejarah dari berbagai pahlawan yang dulunya sangat sulit memperjuangkan keadilan untuk bangsa Indonesia ini. Uniknya, berbagai patung bersejarah ini berdiri di pusat ibukota Jakarta dan tidak jauh dari Sultan Hotel Jakarta, sehingga ketika banyak pengunjung yang ingin melihat patung bersejarah ini maka akan semakin mudah untuk didapatkan dan dicari.

Berikut ini beberapa patung bersejarah di kota Jakarta yang wajib dilihat ketika berkunjung ke Jakarta.

Monumen Selamat Datang

Ketika memasuki kawasan Bundaran HI, pasti kalian yang tinggal maupun berkunjung ke kota Jakarta akan melihat Monumen Selamat Datang ini. Yap, patung yang berdiri kokoh ini menampilkan dua sosok patung yang saling menggenggam sebuah Bunga dan melambaikan tangan mereka.

Monumen Selamat Datang

Source : www.gedoor.com

Lambaian tangan ini pun diarahkan ke bagian utara atau lebih tepatnya ke Monumen Nasional. Akan tetapi, menurut sejarahnya Monumen Selamat Datang ini dibangun untuk menyambut para tamu di Asian Games keempat yang diadakan di Jakarta oleh Presiden Sukarno. Dan, untuk perancangnya sendiri, patung bersejarah ini dirancang oleh Wakil Gubernur D.K.I Jakarta saat itu.

Patung Pahlawan

Patung yang biasa dikenal dengan nama Patung Tugu Tani ini berlokasi di kawasan Stasiun Gambir. Patung Pahlawan ini sendiri diciptakan oleh dua orang seniman yang ahli membuat patung bernama Ossip Manizer dan Matvey Manizer pada tahun 1960.

Patung Tugu Tani

Source : news.detik.com

Diciptakannya patung Pahlawan oleh kedua seniman patung yang berasal dari negara Rusia, dikarenakan kedua pematung ingin memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat Indonesia. Namun, secara maknanya patung Pahlawan yang dibangun ini menceritakan tentang bagaimana perjuangan seorang pahlawan yang menginginkan kebebasan untuk Indonesia.

Patung Kuda Arjuna Wijaya

Selain Patung Pahlawan dan Monumen Selamat Datang, patung bersejarah lainnya yang berdiri kokoh di kota Jakarta ini adalah Patung Kuda Arjuna Wijaya, yang berada di antara Jl. Merdeka dan Jl, Thamrin di Jakarta Pusat. Secara sejarahnya, patung bersejarah ini digambarkan sebagai sosok Arjuna yang sedang menaiki sebuah kereta kuda lengkap dengan delapan kudanya.

Patung Kuda Arjuna Wijaya

Source : wikimedia

Namun, jika ditelisik lagi Patung Kuda Arjuna Wijaya ini sendiri melambangkan kepemimpinan seorang Asta Brata. Dibangunnya patung bersejarah ini pun digagas pada saat presiden Soeharto mengunjungi negara Turki dan melihat banyak patung, sehingga akhirnya didirikan Patung Kuda Arjuna Wijaya ini.

Nah, untuk yang tengah berkunjung maupun berlibur di kota Jakarta, jangan lupa untuk melihat patung bersejarah ini, ya!