Ada banyak sekali vitamin untuk ibu hamil muda yang harus dipenuhi, salah satunya bisa didapat dari susu ibu hamil. Tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin bisa meningkatkan risiko Ibu hamil terserang berbagai penyakit berbahaya. Selain kandungan yang ada pada susu ibu hamil, namun setidaknya Anda sebagai ibu hamil harus lebih memperhatikan terpenuhinya 3 vitamin tambahan berikut ini.

Vitamin Penting untuk Ibu Hamil

Vitamin apa saja yang dimaksud?

  1. Vitamin B6

Sebelumnya, ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab? Keluhan apa yang paling sering dialami saat ibu sedang hamil muda? Mungkin jawabannya adalah mual. Betul sekali. Kebanyakan ibu hamil muda mengalami mual dan muntah. Keluhan kesehatan ini dalam dunia medis disebut dengan morning sickness.

Tahukah ibu morning sickness ini bisa sangat berbahaya? Beberapa kasus terjadi di mana seorang ibu hamil muda harus bedrest. Artinya, ia tidak boleh melakukan kegiatan fisik. Jadi, ia hanya berbaring di atas ranjang saja. Kejadian ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Akan tetapi, salah satu faktor yang bisa menyebabkan hal ini adalah morning sickness yang berlebihan. Mual dan muntah adalah hal yang wajar. Hal ini menjadi tidak wajar jika mual dan muntah yang Anda alami membuat tubuh Anda lemas dan sama sekali tidak bertenaga. Semua makanan Anda keluarkan dan akhirnya perkembangan janin terganggu.

Salah satu cara untuk mencegah terjadi hal buruk ini adalah dengan mengkonsumsi vitamin B6. Vitamin ini bisa didapatkan dari suplemen vitamin untuk ibu hamil yang dijual di apotek.

  1. Vitamin B9

Mungkin Anda kurang familiar dengan istilah vitamin B9. Bagaimana dengan asam folat? B9 ini juga disebut dengan asam folat. Anda pasti sering dengar ada iklan susu ibu hamil yang mengandung asam folat. Kandungan ini sangat penting untuk memastikan perkembangan otak janin di dalam kandungan optimal. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan bayi yang Anda lahirkan nanti mengalami cacat. Yang paling dikhawatirkan adalah kelahiran bayi dengan cacat mental.

  1. Vitamin B12

Kebugaran menjadi hal yang sangat penting. Dengan menjaga kebugaran, maka Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasanya walaupun sebenarnya Anda sedang mengandung.

Untuk menjaga kebugaran, Anda bisa mengkonsumsi vitamin B12. Vitamin yang satu ini berperan menyerap protein dan mengubahnya menjadi energi.

Itulah 3 vitamin untuk ibu hamil muda yang sebaiknya Anda penuhi. Dengan memastikan kebutuhan ketiga vitamin itu terpenuhi, setidaknya Anda bisa selalu sehat selama masa kehamilan dan tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan dengan perkembangan janin di dalam kandungan.