Bagi pengendara kendaraan bermotor, bahan bakar tampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib untuk dipenuhi. Sebab, tanpa adanya bahan bakar ini, maka dapat dipastikan kendaraan pun tidak bisa dinyalakan meskipun nantinya Anda mengisi BBM dengan kualitas terbaik yang dijual oleh para distributor, baik itu distributor solar maupun distributor bahan bakar jenis lainnya.

Namun, sebelum berniat untuk mengisi bahan bakar tersebut untuk kendaraan, ada baiknya terlebih dahulu Anda harus memperhatikan beberapa tips mengisi BBM yang baik dan benar karena dengan begini maka pengisian bahan bakar pun bisa lebih optimal. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan, check it out:

  1. Isi Bahan Bakar

    (sumber: Grid.ID)

    Jika melihat petugas menekan tuas pengisian bahan bakar, minta mereka untuk segera melepaskannya. Saat mengisi bahan bakar, pastinya Anda pernah melihat jika banyak petugas SPBU yang iseng menekan tuas pengisian bahan bakar secara berulang kali, kan? Nah, jika ini terjadi pada Anda, mintalah petugas tersebut untuk melepaskannya. Hal ini karena menekan bagian tuas, bisa mengurangi volume bahan bakar yang masuk ke tangki kendaraan Anda. Tentu ini sangat merugikan Anda, kan?

  2. Isi bahan bakar jika sudah habis setengah tangki. Apakah Anda sering mengisi bahan bakar hingga benar-benar habis? Jika ya, maka usahakan untuk tidak mengulanginya lagi. Selain dapat membuat kendaraan Anda mati, kondisi ini bisa pula menyebabkan komponen mesin di dalam kendaraan rusak parah.
  3. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengisi BBM. Bingung kapan waktu terbaik untuk mengisi bahan bakar? Pernah mendengar seseorang berkata “Belilah BBM di pagi hari, karena waktu ini merupakan waktu terbaik untuk mengisi bahan bakar”. Kalimat ini harus Anda ikuti, loh! Sebab secara logikanya saja, banyak SPBU yang menyimpan tangki bahan bakarnya di dalam tanah, semakin dingin temperatur tanah tentu bahan bakar yang dihasilkan pun akan jauh lebih kental. Berbeda dengan waktu sore maupun siang hari, dimana di kedua waktu ini bahan bakar lebih cair dibandingkan dengan pagi hari karena dipengaruhi oleh suhu udara yang sangat panas.

Itulah sedikit tips yang bisa dilakukan jika Anda ingin mengisi bahan bakar. Semoga bermanfaat! –SH–