Bagian Utama Pemanas Air

Bagian Utama Pemanas Air

Aug 2, 2013

Pemanas Air merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang biasa dibuat untuk membantu dalam penyediaan air panas. Pemanas Air terdapat berbagai jenis dari sumber energi nya, seperti pemanas air listrik, pemanas air gas, dan pemanas air tenaga surya atau matahari. Untuk ketiga jenis alat pemanas air ini pasti memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Untuk jenis alat penyedia air panas tenaga listrik, ini menggunakan elemen dari tenaga listrik. Sedangkan untuk alat penyedia air panas tenaga gas, ini menggunakan gas dan untuk pemanas air ini memiliki sebuah pembakar (burner) pada bagian bawah tangki penampungan dan juga cerobong asap di bagian atas. Alat penyedia air panas dengan tenaga surya atau matahari, menggunakan bantuan tenaga matahari dalam membantu proses pengadaan air panas untuk berbagai keperluan.

Pemanas Air Dan Bagian Utama nya

Pemanas AirPemanas Air mempunyai bagian-bagian utama yang mendukung proses penyiapan air panas. Beberapa bagian utama pemanas air tersebut antara lain :

  • Tangki Bagian Dalam. Tangki ini terbuat dari bahan baja. Tangki ini berfungsi sebagai wadah atau penampungan air panas dengan volume sesuai ukuran dari alat penyedia air panas  ini. Bagian dalam dari tangki ini dilapisi dengan kaca liner sehingga kotoran dalam air mudah terbawa keluar bersama dengan keluar nya air.
  • Isolasi Panas Di Sekeliling Tangki. Isolasi panas ini bermanfaat untuk menjaga panas air tidak mudah keluar melalui dinding tangki. Sehingga air panas ini dapat terjaga untuk selalu panas, sekaligus isolasi panas ini mampu menghemat energi yang dikeluarkan.
  • Pipa Saluran Air Panas Dan Dingin Masuk. Pipa ini berfungsi sebagai tempat mengalir nya air dari tangki penampungan ke dalam bak mandi ketika akan di gunakan. Pipa ini bisa digunakan baik untuk air panas dan juga air dingin.
  • Thermostat. Alat ini merupakan bagian penting dalam alat pemanas air, karena alat ini difungsikan sebagai pengendali suhu air di dalam tangki. Sehingga suhu panas nya air dapat terjaga dengan baik untuk jangka waktu yang relatif lama. Biasa nya untuk jenis alat penyedia air panas dengan tenaga listrik, thermostat akan ada di setiap elemen nya.
  • Elemen Pemanas Air. Setiap jenis alat penyedia air panas, pasti memiliki elemen pemanas air untuk memudahkan proses penyediaan air panas. Untuk jenis elemen panas yang digunakan pada penyedia air panas adalah sama dengan elemen panas yang digunakan pada oven.
  • Katup Pengaman Tekanan. Katup ini juga pasti ada di setiap jenis alat penyedia air panas, karena katup ini bekerja untuk mencegah terjadinya ledakan pada tangki karena tekanan udara yang berlebihan.
  • Katup Buang. Katup ini berfungsi sebagai sebagai alat untuk membantu dalam mengosongkan tangki penyimpanan dari air ketika ingin mengganti elemen atau ketika pada saat memindahkan tangki pemanas air.
  • Batang Anoda. Elemen penyedia air ini mempunyai fungsi untuk menjaga tangki agar tidak terjadi korosi dan menyebabkan kerusakan.

Demikian beberapa bagian utama pada alat pemanas air, semoga ini dapat bermanfaat. -apuy-

Leave Your Comment Here...