Jika memang belum mampu untuk membeli sepeda motor baru, mengajukan kredit kendaraan bermotor untuk motor bekas juga bukan masalah. Kan yang terpenting, motornya nanti bisa dimanfaatkan sebagai alat transportasi, jadi motor baru ataupun bekas, selama kondisinya masih bagus dan dapat berfungsi dengan baik bukanlah masalah.

Kondisi motor memang sangat berpengaruh terhadap keselamatan saat berkendara, baik keselamatan pengendara tersebut ataupun orang di sekitarnya. Namun, ada satu hal lagi yang sebenarnya tidak kalah pentingnya, yaitu aturan berkendara. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal ini, dan baru menyesal setelah sebuah kecelakaan terjadi. Berikut ini, adalah beberapa aturan berkendara motor yang sering diabaikan:

  • Tidak menggunakan helm dengan benar

Dengan berbagai alasan, banyak sekali pengendara motor yang tidak suka menggunakan helm. Memang, helmnya tersebut dibawa, namun tidak digunakan. Ada yang digantungkan di stang, di tangan atau yang lebih parah bukannya digunakan di kepala, helm ini justru hanya diletakkan saja di atas kepala.

Tidak menggunakan helm dengan benar

Hal ini tentunya sangat berisiko. Seandainyapun kamu tidak mengalami sebuah kecelakaan, tidak menutup kemungkinan pengikat helm tersebut terlepas dan akhirnya terjatuh ke jalan. Mungkin hal ini tidak berbahaya untukmu, tapi justru berbahaya bagi pengendara lain.

  • Tidak menyalakan lampu

Entah karena alasan apa, banyak pengendara motor yang tidak menyalakan lampu utama, bahkan saat berkendara di malam hari. Ketika berkendara di siang hari, hal ini mungkin tidak terlalu bahaya karena jarak pandang masih luas. Namun saat malam hari, selain membantu pandangan pengendara, lampu ini juga berfungsi memperingatkan pengendara lain bahwa ada kendaraan di dekatnya.

Tidak menyalakan lampu

Sayangnya, banyak orang yang justru merasa bangga saat bisa berkendara di malam hari tanpa lampu. Padahal hal ini sangat berbahaya, terlebih bagi motor yang memiliki warna gelap yang akan semakin samar terlihat.

  • Mengambil atau memotong jalan seenaknya

Ada aturan yang wajib ditaati saat kamu ingin memotong jalan orang, entah itu untuk menyeberang, putar balik, berbelok, ataukah pindah jalur. Namun, hal ini seperti tidak penting bagi pengendara motor. Misalnya saja ketika pengendara motor ini ingin berbelok ke kanan, namun karena jalur sebelah kanan penuh akibat ada sebuah mobil yang sedang ingin memotong jalan juga, lalu motor ini memilih untuk lewat di sebelah kiri mobil.

Mengambil atau memotong jalan seenaknya

Dan kemudian, langsung berbelok ke kanan begitu saja di depan mobil tersebut. Hal ini tentunya sangat berbahaya, apalagi jika ternyata mobil tersebut ingin lurus atau berbelok ke kiri. Tidak menutup kemungkinan, sebuah kecelakaan akan terjadi.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan, masih ada beberapa hal lainnya. Namun, beberapa hal yang telah disebutkan adalah hal yang penting sebab berkaitan langsung dengan kecelakaan.. (Vita)