Saat sedang bersantai di premium apartment Jakarta, pastinya ada keinginan untuk memakan sesuatu yang terasa hangat sekaligus manis. Nah, untuk menuntaskan keinginan ini, coba bikin hotteok khas Korea, yuk! Rasanya manis, hangat, dan pastinya bisa membuat aktivitas bersantai menjadi lebih menyenangkan.

Pernah dengar hotteok? Hotteok merupakan sweet Korean pancakes yang bisa dengan mudah ditemukan di gerai pinggir jalan. Hampir setiap sudut jalan di Korea memiliki gerai yang menjual makanan ini. Mengapa? Pasalnya, jajanan manis ini sangat enak dimakan dalam musim apa pun. Harganya yang murah dan rasanya kuenya yang legit membuat hotteok menjadi primadona jajanan di Korea. Hotteok terbuat dari tepung terigu dan juga kacang yang bercampur gula merah. Jadi, ketika digigit rasa manis dari gula akan meleleh di mulut dengan gurihnya kacang-kacangan. Terbayang betapa nikmat rasanya?

Hotteok

gambar : www.asianfoodchannel.com

Nah, kalau kamu penasaran dengan jajanan ini, kamu tidak harus pergi Korea kok untuk mencicipinya. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di apartemen dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Ini dia caranya:

  1. Campurkan tepung terigu, gula, garam, dan juga ragi instan ke dalam mangkuk. Aduk sampai rata.
  2. Masukkan satu sendok makan minyak dan juga susu ke dalam campuran tepung.
  3. Aduk rata sampai adonan mengental. Tutupi dengan plastik dan diamkan selama satu jam di tempat yang hangat.
  4. Sambil menunggu, potong kacang yang sudah disiapkan dengan ukuran yang diinginkan.
  5. Setelah dipotong, campurkan kacang dengan gula merah. Tambahkan kayu manis di atasnya untuk memberi aroma manis yang kuat.
  6. Ketika adonan sudah disimpan selama satu jam, adonannya akan mengembang. Ambil satu jumput adonan, bentuk bulat, lalu pipihkan dengan tangan. Ukurannya bebas dan bisa disesuaikan dengan keinginan.
  7. Letakkan campuran kacang dan gula merah di tengah adonan. Bentuk adonan menjadi bulat.
  8. Masak adonan kue pada minyak setengah panas. Hindari memasak adonan ketika minyak sudah sangat panas karena hal tersebut akan membakar pinggiran hotteok dan membuatnya tidak matang sempurna.
  9. Tekan hotteok dengan perlahan hingga berbentuk pipih. Jangan tekan dengan keras karena itu akan membuat isi hotteok keluar.
  10. Masak hotteok selama beberapa menit sampai berwarna kecokelatan.
  11. Hotteok siap untuk dinikmati!

Kamu bisa menyajikan hotteok selagi panas dengan taburan gula bubuk. Rasa manis sekaligus renyah dengan lelehan gula di dalamnya pasti akan membuat aktivitas bersantai di apartemen menjadi semakin semarak. Selamat mencoba, ya!