Cara Mudah Atasi Demam Anak

Cara Mudah Atasi Demam Anak

Nov 8, 2013

Demam Anak merupakan peningkatan suhu tubuh yang terjadi karena adanya infeksi yang diakibatkan virus di dalam tubuh. Namun, tidak usah merasa khawatir, karena cara mudah atasi demam anak sudah banyak dan dapat ditemukan di berbagai media, baik media online maupun offline.  Namun demam ini bukanlah penyakit, tetapi tanda sebuah sistem pertahanan tubuh yang sedang bekerja aktif. Tubuh anak tidak jarang mengalami kenaikan suhu yang menjadikan tubuhnya hangat. Jika diukur tubuh anak dikatakan hangat, suhu tubuh nya naik 0,5 dejarat dibandingkan dengan suhu tubuh normal pada suhu 36 dejarat Celsius. Perlu diketahui, dikatakan mengalami demam jika suhu tubuh bayi atau anak melebihi suhu normal atau lebih dari 38 dejarat.

Demam Anak Dan Cara Mengatasi nya

Cara Mudah Atasi Demam AnakDemam anak ini kebanyakan pastinya akan membuat para ibu menjadi bingung dan panik bagaimana cara mengatasi demam tersebut. Ditambah dengan kondisi anak yang menjadi pendiam dan cenderung menjadi rewel akibat demam nya yang tinggi. Ada beberapa cara mengatasi demam anak sebagai pertolongan pertama :

  • Minum air yang banyak

Minum air yang banyak, ini dilakukan untuk menghilangkan dehidrasi. Karena dehidrasi atau rasa haus disebabkan karena demam. Oleh karena itu, ibu bisa berikan air putih, susu, dan jus buah segar. Apabila bayi muntah bahkan diare, langsung minumkan obat seperti elektrolit, oralit, atau pedialyte.

  • Kompres anak dengan air hangat

Cara atasi demam anak yang banyak digunakan adalah dengan kompres menggunakan air hangat atau juga berendam di air hangat. Jangan pernah untuk kompres dengan air dingin, karena air dingin akan menyebabkan tubuh menjadi menggigil dan juga suhu tubuh akan semakin tinggi. Kini juga tersedia Fever Patch plester penurun demam dari Rohto yang dapat dengan mudah dan cepat digunakan.

  • Jaga ruangan agar tidak panas

Jaga selalu ruangan kamar anak agar tidak panas dan usahakan untuk memakai baju yang tipis ketika istirahat. Namun juga keadaan anak menggigil, maka berikan baju yang tebal dan juga selimut.

  • Biarkan anak makan apa yang menjadi keinginan nya

Biasa nya karena demam, anak menjadi rewel dan ingin makan apa saja untuk membuat lidah dan mulutnya manis. Namun hindarkan makanan yang mengandung lemak karena ini akan sulit dicerna oleh tubuh.

  • Minum obat penurun panas yang aman untuk anak

Untuk menurunkan demam anak, bisa menggunakan obat penurun demam yang mengandung parasetamol. Namun obat penurun demam ini, bukan untuk menjadi suhu tubuh menjadi normal kembali melainkan menurunkan suhu tubuh sekitar 1-2 derajat dan juga membuat anak nyaman.

  • Gunakan plester penurun demam

Selain obat penurun demam anak, para ibu juga bisa menggunakan plester penurun demam untuk membantu menurunkan demam anak. Namun fungsi nya pun sama dengan obat penurun demam yang menurunkan suhu tubuh 1-2 dejarat.

Semoga beberapa tips dan Cara Mengatasi Demam anak dapat berguna untuk para ibu. –apuy-

Leave Your Comment Here...