Krayon merupakan salah satu benda paling esensial untuk kamu yang suka menggambar. Namun demikian, sama halnya dengan rumput sintetis, krayon haruslah dicari yang memiliki bahan teraman dan tidak mengandung zat berbahaya. Nah, Crayola sebagai salah satu produsen krayon ternama, merupakan satu dari sekian banyak perusahaan krayon yang menggunakan zat-zat yang aman. Tidak heran jika Crayola memiliki banyak penggemar di dunia.

Crayola telah mengumumkan bahwa salah satu warna paling ikonik dari krayonnya yang diberi nama ‘Dandelion’ akan segera pensiun dari katalog warna. Sesuai dengan namanya, Dandelion ini merupakan warna kuning yang serupa dengan warna bunga dandelion. Warna ini tidak hanya pensiun dari katalog warna, tetapi juga akan menghilang dari box krayonnya. Crayola menegaskan bahwa keputusan ini tidak diambil dengan cuma-cuma. Dengan ‘pensiunnya’ warna Dandelion, kekosongan tempat ini akan digantikan dengan warna baru yang tak kalah cantiknya.

Crayon

Mengingat berita pengumuman ini dirilis pada 1 April lalu, banyak pihak yang menyangka bahwa hal ini merupakan candaan April Fool biasa. Hanya saja, Crayola kemudian membuat pernyataan resmi yang menandakan bahwa informasi ini benar adanya. Hal ini pun dirilis pada akun Twitter resmi Crayola, yang menampilkan video animasi singkat yang memperlihatkan “Dandy”—maskot krayon kuning Dandelion beserta pencapaiannya selama ini. Crayola juga akan melepas Dandy secara resmi di Times Square, New York City.

Berita pensiunnya Dandelion sebagai salah satu shade dari Crayola ini pun mengundang komentar dari banyak pihak. Banyak yang mengatakan bahwa Crayola tidak seharusnya melepas Dandelion (kuning) karena warna ini masih sering digunakan oleh banyak pihak. Seharusnya, Crayola memilih warna krayon putih untuk dilepaskan. Namun, Crayola memiliki alasan tersendiri untuk melepas Dandelion. Sejak tahun 1885, Crayola telah melepaskan 50 warna, termasuk Dandelion. Pelepasan warna ini memang dibutuhkan, salah satu alasannya adalah karena Crayola membutuhkan ruang untuk menambah warna baru. Selain itu, warna kuning pun sudah diwakilkan dengan shade lainnya sehingga pengguna tidak perlu merasa kehilangan.

Hingga saat ini, warna pengganti dari Dandelion belum juga diumumkan. Melanie Bolden selaku Marketing Head dari Crayola mengatakan bahwa Crayola akan mengumumkan secara resmi di bulan Mei. Kabarnya, warna pengganti tersebut akan hadir dari shade warna biru. Hmm, kita tunggu saja, ya!