Faktor Dalam Desain Dapur Minimalis

Faktor Dalam Desain Dapur Minimalis

May 9, 2013

Dapur minimalis adalah salah satu konsep untuk rumah minimalis yang lebih memfokuskan untuk membuat tampilan ruang dapur menjadi lebih simpel dan nyaman. Konsep dapur minimalis ini biasanya digunakan untuk  ruang dapur yang ukurannya kecil. Dapur minimalis sangat mementingkan fungsi daripada isi, karena konsep dapur minimalis ini lebih mengutamakan peralatan dapur yang berfungsi ketimbang hanya memenuhi dapur dengan alat dapur yang banyak tapi tidak digunakan dan hanya menjadi pajangan saja. Dapur minimalis sekarang banyak menjadi trend untuk berbagai lapisan masyarakat dan menjadi pilihan dalam membangun sebuah hunian tempat tinggal. Kesan yang ditimbulkan dari konsep dapur minimalis ini seperti simpel, rapih, dan juga bersih  menjadi alasan kenapa memilih konsep dapur minimalis tersebut.

Dapur Minimalis dan Faktor Pendukung

Membuat sebuah ruangan dapur dengan konsep dapur minimalis ini perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat membuat kesan dapur minimalis ini dapat tercipta. Diperlukan perencanaan yang matang agar dapur minimalis tersebut dapat ada di dalam rumah Anda. Beberapa faktor dalam desain dapur minimalis antara lain :

  • Dapur MinimalisTempat penyimpanan harus luas. Tempat penyimpanan dalam dapur minimalis ini banyak menggunakan sebuah kabinet. Usahakan untuk membuat kabinet ini dengan memiliki rak yang banyak dan buat pintu yang bisa ditarik sehingga tidak menghabiskan ruang jika kabinet tersebut dibuka. Kabinet ini bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan akan lebih higienis dan bersih dari debu dan kotoran.
  • Modifikasi kabinet. Untuk interior dapur minimalis, sebaiknya menggunakan kabinet dengan memakai bahan dari kaca. Kenapa ? karena kaca dapat membuat efek ruangan dapur akan menjadi lebih luas. Dan usahakan untuk membuat kabinet ini dengan desain memanjang sehingga tingginya dapat mencapai langit-langit ruang dapur. Ini dimaksudkan agar dapat menyimpan banyak peralatan dapur dan peralatan lainnya dalam satu kabinet sehingga tidak menghabiskan banyak tempat untuk menyimpan peralatan dapur tersebut.  Untuk lebih memudahkan, pastikan untuk meletakkan peralatan dapur yang sering digunakan di bagian bawah kabinet tersebut. Untuk barang yang mudah pecah seperti gelas, piring, dan lain-lain sebaiknya di taruh di bagian atas kabinet untuk menghindari pecahnya barang-barang tersebut.
  • Perhatikan pencahayaan yang baik. Untuk menambah kesan dapur minimalis, pencahayaan merupakan faktor penting untuk dapat membantu memberikan kesan minimalis pada ruangan dapur. Usahakan untuk cahaya lampu lebih mengarah ke meja dapur karena dapat membuat ruangan dapur terlihat lebih luas secara keseluruhan.
  • Pilihan warna cat tembok yang tepat dan sesuai. Dalam desain dapur minimalis diperlukan pemilihan warna cat tembok yang dapat membantu untuk mendapatkan kesan simpel, luas, dan nyaman. Pilihan yang cocok untuk warna cat tembok bisa dengan menggunakan warna putih dan abu-abu. Warna putih ini merupakan warna yang memberikan kesan simpel, sedangkan untuk warna abu-abu ini memang merupakan pilihan yang banyak dipilih untuk membuat dapur minimalis. Warna-warna cerah juga bisa dapat menjadi pilihan warna untuk dapur minimalis, karena warna cerah ini akan memberikan kesan luas.
  • Buat ruang makan sendiri. Banyak pendapat bahwa dengan adanya meja makan yang menyatu dengan ruang dapur, ini membuat ruangan dapur menjadi terlihat sempit. Untuk itu, untuk membuat dapur minimalis buatlah ruang makan yang terpisah dengan ruang dapur. Dan ruang makan tersebut bisa digunakan untuk menyimpan peralatan dapur yang jarang bahkan tidak terpakai dengan membuat sebuah tempat penyimpanan seperti kabinet. Ini dimaksudkan agar ruangan dapur berisi peralatan dapur yang sering dipakai saja dan ini akan menjadikan ruang dapur akan terlihat lebih luas.
  • Kurangi peralatan dapur. Semakin banyak peralatan dapur yang ada di dalam ruangan dapur, ini akan menjadikan ruang dapur tersebut menjadi sempit. Ada baiknya untuk cek peralatan dapur apa saja yang sudah tidak bisa digunakan untuk dibuang dan peralatan dapur yang jarang dipakai di taruh ditempat khusus agar tidak memenuhi ruang dapur.

Dengan informasi mengenai beberapa faktor dalam desain dapur minimalis, semoga ini dapat berguna. apuy

Leave Your Comment Here...