Anak Demam, Kenapa ?

Anak Demam, Kenapa ?

Dec 5, 2013

Anak Demam, Kenapa ? Pertanyaan ini akan secara otomatis keluar dari mulut si Ibu ketika anak demam. Anak demam tentu nya pasti akan membuat para ibu akan menimbulkan kepanikan. Tidak hanya panik, para ibu juga akan kewalahan akan sikap anak yang cenderung rewel akibat demam yang diderita nya. Ini karena kurang nya pengetahuan para ibu untuk memberikan pertolongan pertama ketika anak demam. Namun tidak usah khawatir, sebenarnya demam merupakan gejala, bukan sebuah penyakit. Cari penyebab demam itu bisa terjadi, dan jangan terburu-buru untuk langsung memberikan obat penurun demam.

Penyebab Anak Demam

anak demamAnak Demam bisa diturunkan dengan berbagai cara, seperti kompres menggunakan air hangat, minum obat penurun demam atau menggunakan plester penurun demam. Khusus untuk plester penurun demam, Fever Patch plester penurun demam dari Rohto merupakan salah satu produk plester penurun demam yang bisa membantu menurunkan demam anak. Di samping itu, demam sendiri sebenarnya bukan hal yang membahayakan, akan tetapi demam adalah salah satu mekanisme tubuh dalam mengatasi infeksi yang ada dalam tubuh. Demam juga bisa diibaratkan adanya sesuatu yang tidak beres dalam tubuh, sehingga tubuh merespon hal itu dengan terjadi nya demam. Secara umum Penyebab Panas Demam Anak disebabkan beberapa hal diantara nya :

  • Infeksi

Sesuai dengan informasi di atas, bahwa demam anak akan terjadi jika ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Nah, infeksi bisa menjadi salah satu penyebab utama nya. Biasanya infeksi yang diakibatkan dari virus dan ditandai dengan pilek atau batuk. Selain itu diare tanpa disertai dengan darah juga bisa diindikasikan adanya infeksi dari virus.

  • Non Infeksi

Demam anak bisa terjadi jika ini terlihat dari reaksi tubuh seperti alergi, ada nya petumbuhan gigi, setelah dilakukan imunisasi.

Ank Demam Dan Cara Ukur Suhu Tubuh Anak

Anak demam, pasti suhu tubuh nya meningkat. Biasa nya jika anak demam, para ibu akan langsung memegang dahi dan leher si anak untuk mengecek suhu tubuh nya. Mengukur suhu anak juga tidak boleh sembarangan, berikut ini beberapa cara ukur suhu anak :

  • Untuk bayi

Mengukur suhu dibagian dubur atau pantat adalah yang paling tepat. Ini karena suhu pada bagian tersebut paling mendekati dengan suhu tubuh yang sebenarnya.

  • Untuk anak besar

Bagian tubuh yang tepat ketika mengukur suhu adalah pada bagian mulut atau telinga.

  • Suhu pada ketiak juga tidak boleh dilupakan

Ketika mengukur suhu tubuh si anak, bagian ketika tidak boleh dilupakan. Untuk suhu normal, biasanya sekitar 0,5 – 0,8 dejarat lebih rendah dari suhu rectal.

  • Waktu pengukuran suhu tubuh minimal dilakukan selama 1 menit

Dengan memperhatikan lama nya waktu pengukuran, ini penting untuk menentukan hasil yang maksimal dan anak demam atau tidak.

  • Jangan asal menebak suhu tubuh hanya dengan menggunakan tangan

Biasa nya para ibu sudah bisa menentukan anak demam atau tidak hanya dengan menggunakan tangan saja. Padahal dengan termometer, suhu tubuh akan lebih mudah diketahui karena hasilnya lebih akurat.

Semoga beberapa hal di atas mengenai penyebab anak demam dan cara mengukur suhu tubuh akan berguna bagi para ibu, sehingga ibu tidak mudah panik  jika anak demam dan sudah menemukan pertolongan pertama untuk si buah hati. -apuy-

No comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengenali Demam Pada Anak - […] 37,8°C maka anak Anda mengalami demam. Demam pada anak sebenarnya adalah hal yang wajar dialami. Anak Demam, Kenapa ? …
  2. Mengenali Demam Pada Anak | MESIN PULSA ONLINE - […] 37,8°C maka anak Anda mengalami demam. Demam pada anak sebenarnya adalah hal yang wajar dialami. Anak Demam, Kenapa ? …

Leave Your Comment Here...