Menggunakan router wifi untuk berinternetan di rumah sudah menjadi hal yang dilakukan banyak orang. Makanya jangan heran jika semakin banyak saja toko yang jual router wifi dengan merk dan harga yang beragam. Sebab, meskipun terkadang provider sudah menyediakan router wifi untuk digunakan oleh konsumennya, namun banyak yang merasa tidak yakin dan  lebih memilih menggunakan router miliknya. Alasannya, karena router bawaan dari provider dianggap tidak bisa memberikan koneksi maksimal.

Memang sih terkadang provider memberikan router dengan kualitas yang kurang baik sehingga tidak bisa memberikan koneksi maksimal. Akan tetapi sebenarnya ada hal lain yang juga bisa mempengaruhi kualitas koneksi internetmu, yaitu masalah posisi router. Jika kamu sudah menggunakan router kualitas terbaik sekalipun, jika kamu melakukan kesalahan dalam mencari posisi peletakkan router tetap saja koneksi internetmu akan terganggu.

Posisi Router WiFi yang Tepat

Jadi, dimana ya sebaiknya meletakkan router? Tenang saja, artikel ini akan membantumu mencari posisi terbaiknya.

  • Letakkan router pada bagian tengah ruangan. Hindari meletakkan router pada area dead zone (sudut ruangan). Meletakkan router pada area dead zone ini akan membuat jangkauan sinyal wifi menjadi terbatas. Apalagi dead zone ini biasanya berada pada area yang menempel pada tembok di kedua sisinya, maka akan membuat sinyal wifi terserap oleh tembok sehingga koneksi akan mengalami gangguan.
  • Hindari meletakkan router di area yang banyak mengandung logam karena logam ini dapat mengurangi energi elektromagnetik. Akibatnya kecepatan koneksi akan menurun.
  • Letakkan router pada area yang cukup tinggi. Peletakkan router di area ini akan memperluas area jangkauan sinyal, karena rata-rata barang yang dapat mengganggu jangkauan sinyal berada di area bawah.
  • Letakkan router pada ruangan yang paling sering digunakan untuk berinternet. Memang dengan gadget kamu mungkin akan tetap aktif berinternet di ruang manapun, namun biasanya akan ada satu ruangan dimana kamu dan keluargamu paling aktif memanfaatkan koneksi internet. Jika kamu menggunakan PC (Personal Computer), kamu juga bisa meletakkan router di ruangan yang sama dengan lokasi PC.

Nah, semoga dengan menerapkan cara di atas koneksi internet di rumahmu semakin lancar. Jika kamu memiliki saran lokasi terbaik lainnya, kamu juga boleh kok menambahkannya dikomentar. (Vita)