Agar LED TV Tidak Mudah Rusak

Agar LED TV Tidak Mudah Rusak

Nov 28, 2013

LED TV adalah salah satu jenis tv layar datar yang sudah terbukti dengan hasil gambar yang indah dan cerah. LED yang merupakan kepanjangan dari Light Emitting Dioda adalah sebuah komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya. Namun di samping manfaat yang diberikan tersebut, tv layar datar ini merupakan barang mahal. Jadi, dengan harga nya yang mahal tersebut, banyak orang akan berusaha untuk merawat agar televisi jenis layar datar ini bisa bertahan lama.

 

LED TV Dan Membuat nya Awet

LED TVLED TV merupakan jenis televisi yang menggunakan teknologi canggih yaitu dioda dan LED Backlight yang mempu memancarkan cahaya sehingga menghasilkan gambar yang indah dan juga cerah. LED TV ini merupakan perkembangan dari teknologi dari jenis televisi sebelumnya yaitu LCD TV. Akan tetapi dengan memahami bagaimana LED TV berkerja, ada tips dan trik yang diberikan kepada pembeli guna meningkatkan dan membantu membuat LED TV tidak mudah rusak.

  • Matikan LED TV ketika tidak dinonton

Ini merupakan cara penghematan energi sekaligus menambah masa pakai dari LED TV. Selain mengurangi beban biaya listrik setiap bulannya, hal ini juga dapat menjaga kecerahan dari jenis tv layar datar. Ini merupakan langkah yang sederhana, namun banyak orang yang tidak sadar akan hal ini, dan cenderung membiarkan tv layar datar ini tetap menyala ketika tidak dinonton.

  • Sesuaikan Brightness

Perlu diingat bahwa menjaga umur pakai sebuah barang elektronik termasuk LED TV ditentukan dari pengaturan tingkat kecerahan / brightness nya. Menggunakan jenis televisi layar datar ini dengan tingkat kecerahan yang tinggi akan membuat tv tersebut akan bekerja extra lebih dan keras. Sehingga ini tentu nya akan mengurangi umur televisi dan akan beresiko cepat rusak.

  • Sesuaikan juga kontras

Kontras pada sebuah televisi adalah sebuah pengendalian atau kontrol yang mengatur terang dan warna gelap. Semakin tinggi kontras yang digunakan, maka semakin besar pula daya tv tersebut yang akan digunakan. Selain itu, meninggikan kontras akan membakar lampu yang ada di dalam televisi menjadi lebih cepat.

  • Pasang regulator tegangan

Hal ini dilakukan disaat semua peralatan elektronik di rumah Anda dinyalakan. Regulator tegangan ini juga difungsikan sebagai baterai cadangan yang mampu memberikan daya tambahan selama semua peralatan elektronik di hidupkan. Tidak hanya untuk melindungi dari bahaya seperti tegangan daya tinggi disebabkan adanya petir.

  • Penempatan LED TV di ruang terbuka 

Televisi layar datar ini dalam penggunaannya akan membutuhkan daya yang besar, sehingga akan menimbulkan hawa panas. Oleh karena itu penempatan tv layar datar ini sebaiknya diletakkan dalam ruangan terbuka dan banyak ventilasi udara. Ini dilakukan untuk mencegah tv menjadi panas. Usahakan juga dalam menempatkan televisi, berikan jarak dengan dinding sebagai ventilasi udara untuk jenis tv layar datar tersebut.

Semoga artikel informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda agar LED TV tidak mudah rusak dan juga tahan lama. Ketahui juga bagaimana Tips Agar Lemari Es Hemat Energi agar dapat membuat peralatan rumah tangga menjadi awet dan biaya listrik hemat. –apuy-

No comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Agar LED TV Tidak Mudah Rusak - DGspeak.com | A... - […] LED TV adalah salah satu jenis tv layar datar yang sudah terbukti menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. LED TV …

Leave Your Comment Here...