Harga mobil baru yang cukup tinggi membuat banyak calon pembeli berpikir dua kali untuk membelinya. Pasalnya, memiliki mobil bukan perkara membeli saja tetapi juga harus memikirkan bagaimana proses perawatannya. Entah itu perawatan cat mobil, mengganti oli mobil, mengganti ban, dan lain sebagainya. Memang sih, harga oli mobil sekarang sudah cukup terjangkau, akan tetapi biaya bengkel tak bisa disepelekan. Oleh sebab itu, membeli mobil bekas dengan kualitas mumpuni menjadi salah satu jalan keluar yang ekonomis bagi masyarakat.

Odometer Mobil

Akan tetapi, membeli mobil bekas juga tidak boleh dianggap remeh. Banyak hal yang harus diperhatikan agar tidak merugi nantinya. Salah satunya adalah mengecek kilometer mobil di odometer untuk melihat usia mobil. Pembeli seringkali tergoda dengan jumlah kilometer yang masih rendah. Padahal bisa saja kilometer rendah tersebut terjadi karena penjual memutar mundur odometer. Nah, agar tidak terjebak dalam modus ini, trik berikut bisa kita terapkan:

  1. Cek rekam jejak servis. Ketahui kapan mobil terakhir kali di servis. Jika penjual mengatakan bahwa mereka selalu menyervis mobil di bengkel tak resmi, mintalah buku catatan servis di bengkel resmi. Pasalnya, saat membeli mobil dari dealer, pemilik pasti akan diberikan buku catatan servis selama masa garansi servis. Mustahil jika tidak digunakan. Gunakan trik ini untuk melihat berapa jumlah km terakhir sejak masa servis di bengkel resmi.
  2. Perhatikan interior mobil. Trik ini membutuhkan kejelian mata kita untuk menginspeksinya. Lihat bagaimana interior mobilnya. Masih baguskah? Terawat? Kita bisa mengira-ngira berapa usia mobil berdasarkan bagian dalamnya. Perhatikan pula detail-detail pada setir, kulit jok, dan langit-langitnya. Jika mobil sering dipakai, biasanya jok pengemudi akan lebih kempes dibanding jok mobil lainnya. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.
  3. Cek ban. Ada-ada saja tingkah penjual untuk ‘membohongi’ calon pembeli. Oleh sebab itu, sebagai pembeli kita pun harus cerdik. Ketika penjual berkata bahwa mobil yang hendak dilepas masih usia muda dan kilometernya baru mencapai 25.000, ada baiknya cek dulu ban yang digunakan pada mobil. Jika ban yang digunakan sudah menggunakan kode produksi baru, bisa jadi penjual berbohong soal kilometer mobil.

Itu dia trik yang wajib diketahui saat membeli mobil bekas yang sama pentingnya dengan mengetahui 5 jenis oli mobil. Semoga membantu. (raw)