Sistem telepon PABX tetap menjadi alat komunikasi yang digunakan di perkantoran meski penggunaan smartphone sudah sangat masive. Menggunakan smartphone memang menyenangkan, akan tetapi jika kapasitas memori ponsel sudah berkurang rasanya sungguh mengganggu sekali, ya! Bayangkan saja, kamu tidak bisa menerima chat, semua aplikasi yang ingin dibuka akan otomatis force close, kamu tidak bisa menambah lagu, dan kamu tidak bisa berfoto dengan fitur kamera!

Trik Tambah Memori Ponsel

Ya, semua itu merupakan efek samping yang akan terasa ketika kapasitas memori di ponselmu penuh. Lantas, apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi? Meski harga smartphone murah, bukan berarti ketika kapasitas penyimpanan berkurang kita bisa langsung membelinya kan? Nah, kamu bisa coba beberapa hal berikut ini nih!

  1. Hapus cache dan data pada aplikasi. Inilah yang paling jarang dilakukan oleh pemilik ponsel! Padahal, cache ini merupakan salah satu penyebab kenapa memori smartphone cepat habis, lho. Lantas, bagaimana cara menghapus cache dan data dari aplikasi? Gampang saja, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini: Klik Settings > Storage > Apps > Clear Data and Clear Cache. Di situ, kamu bisa melihat seberapa besar cache dan data telah memakan memori di smartphone Silakan untuk menghapusnya.
  2. Pindahkan isi galeri ke laptop atau ke Sebal karena memori sudah penuh jadi kamu tidak bisa bebas berfoto lagi? Nah, itu artinya kamu harus mulai memindahkan isi galeri kamu ke laptop atau ke layanan cloud. Jika malas menyambungkan ke laptop, silakan unduh aplikasi penyedia cloud atau simply gunakan Google Photos. Kamu bisa mengunggah foto-foto dari galeri ke aplikasi cloud tersebut. Cara sinkronisasinya pun mudah, cukup klik Settings > BackUp & Sync > Free Up Space. Dengan demikian, foto dan video yang sudah berhasil dipindahkan ke Google Photos bisa langsung terhapus.
  3. Hapus data peramban dari Tidak banyak yang tahu bahwa histori dan rekam jejak selama browsing di aplikasi browser juga memakan banyak memori. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghapusnya secara berkala. Caranya mudah, tinggal buka browser yang biasa digunakan klik Settings > Privacy > Clear Browsing Data. Nantinya, kamu akan diberikan pilihan data apa yang ingin dibersihkan. Entah itu history, cookies, data situs, cache foto dan file, atau password yang tersimpan.

Gimana, siap untuk mencobanya? Silakan coba sendiri dan lihat apakah kapasitas memori ponselmu bertambah atau tidak! Semoga membantu!