“Baru gajian, kok sudah habis uangnya?”. Mungkin banyak dari kamu yang mengeluhkan hal tersebut. Jika sudah begini, jangankan memikirkan investasi, untuk bertahan hingga gajian selanjutnya saja rasanya sudah sulit. Apa karna jumlah gajinya yang terlalu kecil? Eits, jangan keburu berpikir begitu. Sebab mungkin saja kamu yang tidak mampu mengatur keuangan. Pasalnya, kehabisan uang merupakan salah satu masalah keuangan yang sering dihadapi oleh milenial. Jika itu alasannya, berapapun gaji yang kamu punya tidak akan pernah cukup. Meskipun gajimu naik hingga tiga kali lipat sekalipun, tetap saja tidak akan cukup.

Uang Cepat Habis

Photo : Cek Aja

Nah, jika kamu sering mengalaminya, coba deh terapkan beberapa hal berikut, mungkin bisa membantumu mengatasinya:

  • Lakukan pengeluaran terbesar di awal

Kamu pasti punya pengeluaran rutin dengan nominal yang cukup besar, bukan? Perhitungkan pengeluaran ini diawal setelah kamu menerima gaji. Dengan begitu, kamu akan tahu pasti berapa jumlah uang yang kamu miliki. Jika kamu tidak memperhitungkan pengeluaran ini di awal dan uangnya tanpa sengaja terpakai untuk hal lainnya, akan membuatmu merasa pusing sendiri.

  • Buat lebih dari satu rekening

Ada baiknya jika kamu memiliki lebih dari dari satu rekening. Satu rekening adalah untuk biaya operasional dan biaya bersenang-senang kamu, dan satu rekening lagi untuk tabunganmu. Pilihlah bank yang cukup sulit atmnya untuk bank tabunganmu. Dengan begitu, kamu akan berpikir beberapa kali jika kamu ingin mengambil uang dari rekening tabunganmu di atm bank lain. Sebab biaya penarikan ini juga tidaklah sedikit, apalagi jika kamu melakukan penarikan hingga beberapa kali.

  • Lakukan perhitungan dengan cermat

Jika kamu tidak bisa membuat perencanaan keuangan secara mendetail, kamu bisa membuatnya secara general. Misalnya, total gajimu dikurangi dengan pengeluaran rutin. Kurangilah jumlahnya dengan perkiraan pengeluaranmu sampai gajian berikutnya (kamu bisa menghitungnya dengan cara mengalikan jumlah hari dengan perkiraan pengeluaran harian). Sisa dari hitungan tersebut, bisa kamu pindahkan ke rekening tabunganmu supaya aman dan tidak kamu gunakan.

  • Ambil uang secukupnya

Tahukah kamu bahwa semakin banyak uang tunai yang kamu miliki, kamu akan semakin tergoda untuk menggunakannya? Jadi, sebaiknya ambil uang tunai secukupnya saja.

Selain keempat cara di atas, hal yang terpenting dalam mengatur keuanganmu adalah menahan diri. Sebab dengan mampu menahan diri, akan membuat keuanganmu menjadi aman. (Vita)